Review LKMM PRA-TD

Farda Adelia Bunga Haritsah 
1011610032
Manajemen
Pengenalan Diri
Definisi :
Menurut Jhon Robert , pengenalan diri adalah kesadaran, pemahaman terhadap dirinya sendiri.
Pengenalan diri merupakan proses mengungkapkan diri sendiri yang tidak dimengerti menjadi mengerti dengan tepat.
Tujuan Pengenalan Diri :
1.      Tumbuh kesadaran akan mengenali diri
2.      Terbentuknya percaya diri
3.      Kemampuan mengekspresikan diri
4.      Mengetahui potensi dan kelemahan diri sendiri

Kepribadian  : Beberapa ciri watak dan sifat yang di perlihatkan seseorang  secara lahir, konsisten dan konsekuen.
ü  Tipe-Tipe Kepribadian :
1.      Sangunis (popular)
Emosional, penuh semangat, ingatan warna kuat, suka bicara, bukan pendendam, spontanitas, ekspresif, dan cepat meminta maaf.
2.      Koleris  (kuat)
 Dinamis, tidak perlu teman, selalu benar dalam keadaan atau kondisi yang darurat, bersaing, aktif.
Tips dan trik : jangan menyepelekan orang lain
3.      Melankolis  (sempurna)
 Analisis, rapi, penuh pikiran, sensitif, serius, tekun, berbakat, setia, artistic dan puitis.
Tips dan trik : jangan cari kesulitan, dan jangan mudah sakit hati Positive
4.      Plegmstis (damai)
Rendah hati, menjadi penengah, cerdas, tenang, santai, perhatian.
Tips dan trik : jangan menunda pekerjaan, coba hal baru, lebih memotivasi diri, belajar untuk tanggung jawab.

Mendengar Aktif
Definisi :
Mendengar dengan intensitas, empati, penerimaan, dan kesediaan untuk bertanggung jawab.
Manfaat :
1.      Mendapatkan informasi yang diperlukan
2.      Meningkatkan pemahaman kepada pendengar dan orang-orang berbicara
3.      Membina dan meningkatkan hubungan
4.      Mendorong komunikasi lebih jauh
5.      Membantu mengenal watak seseorang
6.      Membantu menyelesaikan masalah
Hal-hal yang penting dalam mendengar aktif :
ü  Intensitas/pengulangan
ü  Empati
ü  Penerimaan pesan
Alur mendengar aktif :
·         Hearing (mendengar)
·         Understanding (memahami)
·         Interpreting (melogika)
·         Remembering (mengingat)
·         Evaluating (mengevaluasi)
·         Respon (merespon)

Hambatan mendengar aktif
Fisik  : 
1. gangguan kesehatan
2. noise
3. temperature
Mental :
1.  Kecepatan berfikir
2.  Prasangka
3. Keterbatasan wawasan dan pengetahuan

Tips agar mendengar aktif :
1.      Konsentrasikan perhatian kepada pembicaraan
2.      Pertimbangkan informasi yang sudah diketahui
3.      Hindari gangguan
4.      Kendalikan emosi
5.      Kesampingkan prasangka dan pendapat pribadi
6.      Melibatkan diri dalam pembicaraan
7.      Hati-hati dalam menyatakan pendapat pribadi

Berbicara efektif
Definisi :
Berbicara : proses bercakap, berbahasa, mengutarakan pikiran, melisankan sesuatu yang dimaksud
Efektif : tepat, ada  efeknya, dapat membawa hasil
Berbicara efektif : kemampuan menyampaikan maksud dan tujuan secara sistematis, jelas, padat, dan mudah dipahami oleh lawan bicara.

Proses Komunikasi :
pengirim pesan (sender) mengirim pesan pada penerima (receiver), kemudian receiver memberikan umpan balik kepada si sender.

Prinsip berbicara efektif :
·         Respect (menghormati)
·         Emphaty (peduli pada lawan bicara)
·         Available  (dapat didengar)
·         Clarity
·         Humble  (rendah hati)
Cirri-ciri berbicara efektif :
ü  Informasi jelas, mudah dimengerti
ü  Alur sistematis
ü  Fokus pada topic pembicaraan
ü  Ada feedback dari lawan bicara
Berbicara tidak efektif terjadi karena :
·         Arah pembicaraan tidak jelas
·         Kurang pengalaman
·         Tidak ada persiapan
Tips dan trik:
·         Alur pembicaraan
·         Volume dan tempo bicara
·         Siapa audience
·         Body language
·         Ekspresi wajah

Ambisi, kenyataan, usaha
Definisi :
Ambisi : keinginan secara alami untuk mencapai titik tertinggi
Segala sesuatu yang ingin dicapai disertai dengan kemauan yang kuat.
Usaha : tindakan nyata yang dilakukan seseorang untuk mencapai ambisinya.
Ada dua macam usaha :
a.       Proactive
Mau melangkah sendiri / usaha sendiri
b.      Reactive
Dibentuk dulu

Sasaran, resiko, dan konsekuensi
Sasaran : target yang ingin dicapai / dipercaya dapat dicapai
Menentukan sasaran :
·         Spesifik
·         Measurable
·         Attainable
·         Relevant
·         Time based
Resiko : suatu kejadian yang bersifat / berdampak negative yang mungkin terjadi ketika beruasa mencapai sasaran.
Tipe manusia dan risiko :
·         Risk seeker
·         Risk neutral
·         Risk averter
Mengendalikan risiko:
·         Identifikasi ancaman
·         Identifikasi penyebab ancaman
·         Tentukan risiko
·         Temukan langkah antisipasi
Konsekuensi : akibat (dari suatu perbuatan, pendirian, dsb)

Berpikir Kritis
Definisi :
Berpikir kritis berasal dari berfikir dan kritis.
Berfikir adalah proses penggunaan akal budi untuk mempertimbangkan, memutuskan sesuatu.
Kritis adalah
Berfikir kritis adalah kemampuan untuk menganalisis fakta, mencetuskan dan menata gagasan, mempertahankan pendapat, membuat perbandingan,dan  menarik kesimpulan.
Syarat berfikiri kritis:
1.      Berfikiran terbuka
2.      Percaya diri
3.      Skeptis (tidak mudah percaya)
4.      Kreatif
Kesalahan dalam berfikir:
1.      Terpengaruhi  emosi
2.      Ambigu
3.      Data tidak sesuai
4.      Over generalisasi
Proses berfikir kritis
1.      Menggali informasi
2.      Menganalisis masalah
3.      Mengolah informasi  yang didapat
4.      Membuat kesimpulan
Keterampilan berfikir kritis
1.      Memahami hubungan-hubungan logis antar gagasan
2.      Mengidenfikasi , mengkontruksi, dan mengevaluasi argument.
3.      Mendeteksi inkonsistensi dan kesalahan umum dalam pemberian alasan
4.      Memecahkan masalah secara sistematis
5.      Mengidentifikasi revelansi dan kepentingan gagasan
6.      Merefleksikan kebenaran dan nilai-nilai diri sendiri
Manfaat berfikir kritis:
1.      Membentu memperoleh pengetahuan, memperbaiki teori, memkuat argument
2.      Mengemukakan dan merumuskan pertanyaan dengan jelas
3.      Mengumpulkan, menilai, dan menafsirkan informasi dengan efektif

PERSEPSI
Definisi :
Persepsi adalah proses individu menginterpretasikan, mengorganisasi,dan memberi makna terhadap stimulus merupakan hasil dari proses belajar daan pengalaman.
Bentuk-bentuk persepsi :
1.      Persepsi visual
2.      Persepsi perabaan
3.      Persepsi penciuman
4.      Persepsi pengecapan
5.      Persepsi auditori
Syarat persepsi :
1.      Objek
2.      Alat indra atau reseptor
3.      Perhatian
Faktor mempengaruhi persepsi:
1.      Pelaku persepsi (sikap, pengetahuan, minat, pengalaman, harapan)
2.      Stimulus/ objek (gerakan, ukuran, latar belakang, kemiripan)
3.      Lingkungan (waktu, keadaan social, kesadaran kerja)
Penyebab kegagalan persepsi:
1.      Kesalahan atribut
2.      Efek halo
3.      Stereotip
4.      Prasangka
5.      Gegar budaya

PENGEMBANGAN DIRI
Definisi :
Pengembangan diri mrupakan bentuk perwujudan dari aktualisasi diri, yaitu proses untuk mewujudkan dirinya yang terbaik.
Langkah pengembangan diri :
1.      Kenali diri semdiri
2.      Menanamkan tiga keyakinan dasar (mau, harus, dapat)
3.      Tentukan visi dan misi
4.      Manajemen waktu
Tips manajemen waktu :
1.      Tentukan prioritas
2.      Penjadwalan kembali
3.      Pendelegasian
Mahasiswa-Organisasi-Nasionalisme
Mahasiswa : sebutan bagi orang yang sedang menempuh pendidikan tinggi di sebuah perguruan tinggi.
Peran mahasiswa :
1.      Agent of change
Generasi perubahan
2.      Social control
Mahasiswa sebagai generasi pengontrol
Mahasiswa diharapkan mampu mengendalikan keadaan social yang ada dilingkungan sekitar.
3.      Iron stock (generasi penerus)
4.      Moral force
Mahasiswa sebagai penjaga stabilitas lingkungan masyarakat, diwajibkan untuk moral-moral yang ada.
Organisasi : wadah atau tempat sekumpulan orang yang ingin menambah pengalaman, wawasan, dan aktif.
Manfaat organisasi  :
1.      Melatih leadership skill
2.      Menyalurkan hobi dan minat
3.      Networking atau memperluas jaringan
4.      Belajar manajemen waktu
5.      Problem solving dan manajemen konflik
Nasionalisme : satu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan






Komentar