PROSES BISNIS GO-JEK

Halo, kali ini saya mau menulis tentang proses bisnis salah satu perusahaan jasa di Indonesia ☺

Pernah tidak sih kalian memikirkan tentang bagaimana proses bisnis dari produk atau jasa yang sering kalian gunakan sehari-hari? Mungkin pernah muncul dibenak kalian ketika kalian sedang menggunakan atau memakan suatu produk. Misalnya nih, kalian sedang makan sebuah permen kemudian kalian bertanya-tanya "eh, permen ini terbuat dari apa ya? bahan bakunya dari mana ya? proses produksi dan distribusinya bagaimana ya? yang mengelola siapa ya? perusahaannya seperti apa ya?", dan lain sebagainya. Nah, disini saya akan membahas mengenai proses bisnis dari suatu perusahaan secara singkat, Tetapi yang akan saya bahas bukan proses bisnis dari perusahaan yang menghasilkan barang melainkan perusahan jasa, yaitu GO-JEK. Penasaran kan bagaimana bisnis GO-JEK ini berjalan?  Yuk langsung saja!


Kebanyakan masyarakat Indonesia pasti sudah mengetahui apa itu GO-JEK, apalagi kaum milenial yang tidak bisa lepas dari gadget pasti tahu apa itu GO-JEK dan bahkan sudah menggunakannya. GO-JEK merupakan aplikasi ojek online yang mulai beroperasi mulai tahun 2015, saat itu GO-JEK masih hanya beroperasi di daerah Jakarta saja. Namun seiring dengan berjalannya waktu, kini GO-JEK sudah sangat mudah ditemui di kota-kota besar lainnya di Indonesia yang mencakup 50 kota di Indonesia.

Proses bisnis Perusahaan GO-JEK:

Sebelum munculnya Aplikasi GO-JEK pada tahun 2015, GO-JEK sebenarnya sudah berdiri sejak tahun 2010 yang dirintis oleh Nadiem Makarim, hanya saja masih menggunakan sistem yang sederhana, yaitu penumpang menghubungi melalui telepon atau SMS. Kini GO-JEK telah berinovasi menjadi sebuah platform seluler yang canggih yang menyediakan berbagai layanan transportasi, pengiriman makanan, dan masih banyak layanan lainnya yang sesuai dengan permintaan pelanggan.
GO-JEK menggunakan jasa internet untuk memasarkan pelayanannya. Perusahaan ini menyuguhkan berbagai layanan on-demand, cara kerja ini memang sangat efektif karena memang masyarakat modern saat ini menyukai segala sesuatu yang mudah dan praktis.

PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa (GO-JEK Indonesia) memiliki kantor pusat yang berfungsi sebagai tempat server, peralatan, dan juga tempat karyawan GO-JEK bekerja sebagai operator serta tempat untuk service center yang menerima keluhan pelanggan atas keluhan yang ada. Kantor pusat ini juga sebagai pusat koordinasi antara pimpinan, karyawan, dan tukang ojek.

Selain memiliki struktur Organisasi pusat, perusahaan ini juga memiliki struktur organisasi regional yang terdiri dari Direktur Utama, Wakil Direktur, Manajer IT, Manajer Keuangan, Manager Karyawan Front Office dan Pemasaran, Karyawan, dan juga Driver atau tukang ojek di setiap cabang wilayah GO-JEK lainnya. Mereka inilah yang mengendalikan operasional dari sebuah sistem yang ada pada GO-JEK di setiap cabang wilayah, hal ini merupakan proses Manajemen.

Penyedia jasa GO-JEK melakukan rekrutmen yang merupakan proses pendukung untuk mendapatkan driver, driver melakukan pendaftaran dengan mendaftar secara online melalui website resmi, kemudian pihak GO-JEK akan menghubungi melalui SMS untuk datang ke kantor dengan membawa persyaratan yang diperlukan. Pihak GO-JEK akan memberikan jaket, helm sebagai identitas, dan hak resmi kepada driver yang sudah secara resmi masuk dalam aplikasi khusus driver. melalui aplikasi ini, penyedia jasa dapat mengontrol driver dengan mudah.

Driver diwajibkan untuk membuka rekening ponsel di salah satu bank yang telah ditentukan oleh perusahaan karena agar driver dapat melakukan setoran sebesar 20% yang pembayarannya melalui rekening ponsel tersebut. Bagi hasil antara penyedia jasa dan driver adalah 20%;80%, selain itu pendapatan perusahaan ini didapatkan dari berapa banyak penggunaan aplikasi GO-JEK oleh user, GO-JEK juga mendapatkan keuntungan dari perusahaan telekomunikasi.

Setelah resmi menjadi driver GO-JEK, Driver siap bekerja sebagai penerima jasa antar GO-JEK. Customer yang membutuhkan jasa antar hanya perlu mengakses aplikasi GO-JEK pada ponsel yang dapat diunduh secara gratis. Pelanggan melakukan log in pada aplikasi GO-JEK agar dapat menggunakan fitur-fitur yang ada pada GO-JEK. Setelah itu pelanggan dapat dengan mudah menggunakan jasa antar hanya dengan menentukan tujuan kemana akan diantar, dengan cepat pelanggan akan mengetahui posisi driver GO-JEK terdekat serta mengetahui berapa biaya yang akan dibayar kepada driver.

Apa saja sih fitur-fitur yang ada dalam aplikasi GO-JEK?

Wah banyak juga ya layanan yang ada di aplikasi GO-JEK saat ini.


GO-JEK bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti bekerja sama dengan restoran atau warung makan untuk fitur Go-Food, bekerja sama dengan tempat perbelanjaan dan situs -situs belanja online untuk mengantarkan barang belanjaan dengan fitur Go-Send, dan juga masih banyak yang menjalin kerja sama dengan GO-JEK.

Jadi GO-JEK memang memiliki banyak fasilitas layanan untuk para customernya, salah satunya adalah Go-Ride. Go-Ride merupakan layanan transportasi menggunakan motor untuk mengantar kita kemana saja dengan cara yang lebih cepat dan mudah dan yang pasti dengan biaya yang terjangkau.

Proses Order fitur Go-Ride pada GO-JEK :
  • User memilih fitur Go-Ride pada aplikasi GO-JEK
  • User menentukan destinasi tempat yang dituju dan menerima informasi mengenai driver dan biaya yang harus dikeluarkan
  • Driver terdekat menerima pesanan
  • Server melakukan konfirmasi
  • User menerima konfirmasi
  • Driver menuju user kemudian mengantar user ke tempat tujuan
  • Ketika sampai, user membayar kepada driver
  • Driver menerima pemasukan 
  • User memberikan rating pada driver
  • Server menerima rating yang diberikan
Itulah seputar proses bisnis dari sebuah perusahaan jasa Indonesia yang dianggap sebagai layanan jasa yang mampu memudahkan kita dalam hal memenuhi kebutuhan. 

Referensi :

Blog | GO-JEK Indonesia
https://www.go-jek.com/blog/

Contact Us | GO-JEK Indonesia
https://www.go-jek.com/contact/

GO-JEK - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
https://id.wikipedia.org/wiki/GO-JEK

Diagram dan Analisa Bagaimana Go-Jek Berjalan – gelegakzaki
https://gelegakzaki.wordpress.com/2016/11/27/diagram-dan-analisa-baimana-go-jek-berjalan/

PROSES BISNIS GOJEK ~ Sharing Knowledge
http://hidayat27tekbis.blogspot.com/2015/11/proses-bisnis-gojek.html

Sudah Tahu Cara Kerja Gojek Atau Sistem Kerja Gojek? Inilah Caranya
https://www.gojakgojek.com/2016/03/sudah-tahu-cara-kerja-gojek-atau-sistem-kerja-gojek.html

Bagaimana Gojek menghasilkan keuntungan? - Galena
https://www.galena.co.id/q/bagaimana-gojek-menghasilkan-keuntungan

https://www.bloggerlampung.com/tanya-jawab-gojek/

Komentar

  1. Paddy Power Hotel Casino & Spa - Mapyro
    Find the 안양 출장마사지 best prices on 오산 출장마사지 Paddy Power Hotel Casino & 용인 출장마사지 Spa in Paddy Power, Paddy 경기도 출장샵 Power, Paddy Power, 계룡 출장샵 Horseshoe & nearby hotels.

    BalasHapus

Posting Komentar